DidikPurwadi.Net

Didik Purwadi on the Net

About Me

Ir. Didik Purwadi, MT

Ir. Didik Purwadi, MT

Saya lahir pada hari Senin Wage  tanggal 14 Februari 1955  jam 8 malam, di rumah seorang bidan  Kepatihan Surakarta, karena jam lahir sudah cukup malam jadi kalau menurut orang Jawa hari itu sudah digolongkan ke Selasa Kliwon. Hari saya lahir juga tepat pada hari valentine yang menurut umumnya orang diartikan sebagai hari kasih sayang. Saya adalah sulung dari dua orang bersaudara, adik saya laki-laki juga. Ayah saya pak Siswadi adalah tentara (TNI-AD) angkatan ’45 dan terus melanjutkan karirnya di militer  hingga pensiun pangkatnya kapten.  Ibu saya bu Siswadi sebagai ibu rumah tangga biasa, yang punya hobby memasak dan kadang kala berdagang kecil-kecilan kain atau perhiasan emas untuk menambah penghasilan keluarga. Di Surakarta saya bertempat tinggal di-jalan Sambeng No. 22 kalurahan Mangkubumen, kecamatan Banjarsari.

Pendidikan, Karir dan Keluarga

Saya masuk SD tahun 1961 di SD Keluarga  Sidorejo Solo dan lulus tahun 1967, SD ini dekat dengan rumah dan masih satu jalan yaitu diujung jalan rumah saya. Belakangan SD tempat saya belajar tersebut berganti nama menjadi SD Pangudi Luhur 3 Solo. Kemudian saya melanjutkan sekolah di SMP Negeri 2 Solo yang waktu itu letaknya di Pamedan Mangkunegaran, masuk tahun 1968 dan lulus tahun 1970. Lulus dari SMP Negeri 2 Solo saya kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 1 Margoyudan Solo masuk tahun 1971 dan lulus tahun 1973. Di SMA Negeri 1 saya masuk jurusan IPA, dan menurut saya jurusan ini cocok dengan cita-cita saya sejak kecil yaitu ingin jadi insinyur sipil. Tetapi ketika saya duduk di-kelas 2 SMA ayah memasuki masa persiapan pensiun (MPP) dan ketika saya duduk dikelas 3 SMA ayah  pensiun dari Dinas Militer sehingga perlu pikir-pikir agak lama dalam memutuskan untuk melanjutkan ke-universitas karena semakin terbatasnya biaya studi. Saya juga masih punya satu orang adik laki-laki namanya Edy Purnomo yang saat itu juga masih duduk dikelas 3 SMP.

Tetapi karena didorong oleh keinginan kuat akan cita-cita, maka saya nekat daftar di Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Karena waktu itu di kota Surakarta belum ada Universitas Negeri. Dipilihnya kota Semarang ini karena ada famili dari ibu (kakak dan adik ibu) yang tinggal di-kota ini. Saya diterima di Jurusan Teknik Sipil Undip tahun 1974. Akhirnya kesampaian juga kuliah di jurusan Teknik Sipil dan tempat tinggal saya ikut numpang dirumah  kakak ibu. Tahun 1982 saya lulus dan menjadi insinyur sipil seperti yang saya cita-citakan semula.

Awal karir saya adalah mengajar di Politeknik Undip  (sekarang Polines) dan Universitas Katholik (Unika) Soegijopranoto. Karena disaat kuliah dulu saya ikut bekerja di perusahaan konsultan teknik milik dosen saya dan sering diminta menggantikan beliau bila berhalangan mengajar di Unika Soegijopranoto. Disamping mengajar saya  juga pernah bekerja di perusahaan konsultan teknik PT. Indah Karya disini saya menangani hydraulic structures untuk saluran induk Kedung Ombo, kemudian studi bendung Sembayat proyek Bengawan Solo hilir. Dengan beberapa perusahaan konsultan teknik lain saya merencanakan jembatan-jembatan, jalan raya dan pengawasan pelebaran jalan tol seksi B Semarang dan perpanjangan runway Bandara Ahmad Yani Semarang, perencanaan gedung-gedung kuliah dan administrasi di kampus STSI Solo, pengawasan pembangunan untuk seluruh kompleks kampus Lembaga Politeknik Pekerjaan Umum (LPPU) Undip,  perencanaan dan pengawasan site development untuk kampus Universitas Mulawarman Samarinda dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido Sukabumi, perencanaan dermaga untuk industri kayu PT. Wijaya Karya di Kalimantan Selatan dan perencanaan sistim drainase untuk kawasan industri Cipta dan kawasan industri Gatot Subroto Semarang. Perusahaan-perusahaan konsultan tempat saya berkarya adalah: PT. Adhiyasa Desicon, PT. Cakra Manggilingan Jaya,  PT. Digratia Avia.

Pada tahun 1983, selama setahun penuh saya dikirim untuk mengikuti training di Pusat Pendidikan Politeknik (PEDC) Bandung dengan materi training diutamakan untuk mata kuliah maupun praktikum yang diampu di Politeknik Undip, yaitu hidrolika, mekanika tanah, jalan raya dan ukur tanah. Tahun 1992 saya mendapat beasiswa dari Departemen Pekerjaan Umum untuk belajar di Fakultas Pascasarjana ITB dan saya mengambil jurusan Sistim dan Teknik Jalan Raya (STJR). Tahun 1996 lulus dari STJR-ITB dengan thesis mengenai campuran aspal beton berjudul “Optimum Design Of Asphalt Concrete Mixes Based On Analytical Approach”.

Tahun 1988 saya menikah dengan Gunarti Iriani yang berasal dari kota Magelang dan dari keluarga tentara juga, oleh pernikahan ini kami dikaruniai 2 orang putra, yang pertama yaitu Ardian Budi Wicaksono dan yang kedua Aditya Setiabudi dan kami sekeluarga tinggal di-jalan Jati Raya Blok A-7 kalurahan Srondol Wetan kecamatan Banyumanik kota Semarang. Tahun 2001 hingga 2009 saya menjabat menjadi ketua Jurusan Sipil Program Studi Diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.  Saat ini saya juga sebagai komisaris utama PT. Deltamarga Adyatama yang merupakan perusahaan kontraktor bidang jalan dan jembatan.

Hobi

Hobby saya olah raga, terutama renang dan jalan kaki, membaca dan bermain maupun mendengarkan musik. Untuk membaca terutama pada buku karya sastra, buku pengembangan diri dan buku mengenai kesehatan. Sedang untuk bermain musik saya sedikit menguasai biola klasik. Guru biola pertama saya adalah kakek saya sendiri dari pihak ayah yaitu eyang Mangun Ratmoko yang juga pensiunan kepala sekolah HIS (setingkat SD jaman Belanda). Saya belajar biola mulai kelas 5 SD hingga kelas  2 SMP. Sewaktu kelas 3 SMP kakek meninggal dunia dan saya mendapat alat biola milik beliau. Tahun 2002 hingga tahun 2005 saya meneruskan belajar biola klasik dengan bapak Kursani di Semarang dan sempat pentas bersama ensemble musik intermezzo di auditorium RRI tahun 2004 kemudian di gedung balaikota Semarang tahun 2005.

Motto dalam menjalani kehidupan:

  1. Selalu ada jalan untuk menyelesaikan segala persoalan hidup manusia.
  2. Hadapi problema kehidupan dan jangan lari meninggalkannya.
  3. Bila salah mengambil langkah segeralah berbalik menuju yang benar.

About Me

Ir. Didik Purwadi, MT Saya, Ir. Didik Purwadi, MT, dosen di Jurusan Sipil Program Studi Diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Saya juga bekerja di PT. Deltamarga Adyatama, sebuah perusahaan kontraktor dibidang pembangunan jalan. Hobi saya bermain biola dan olah raga.

Calendar

October 2017
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories